BREAKING NEWS

Sunday, August 5, 2018

7 Destinasi wisata Menarik di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia





1. Kawah Ijen


Kawah Gunung Ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satu tujuan wisatawan datang ke Kawah Ijen adalah ingin melihat semburan api bewarna biru (blue fire). Bila ingin melihat blue fire, kamu harus mendaki terlebih dahulu, karena ketinggian kawah berada sekitar 2.443 meter dari permukaan laut. Waktu terbaik untuk melihat blue fire adalah sekitar pukul 2 hingga 3 subuh.


Jangan lupa untuk menyaksikan matahari terbit di Gunung Ijen. Dari gunung ini, kamu juga bisa melihat pesona gunung lain, seperti Gunung Merapi, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante. Kamu juga bisa menyaksikan kegiatan para penambang di Kawah Ijen. Mereka biasanya turun ke dasar kawah untuk mengumpulkan bongkahan belerang lalu dibawa dan ditampung di puncak gunung.


Tiket Masuk : HTM Wisatawan Asing Hari biasa Rp. 100.000, Weekend Rp. 150.000.
             HTM  Wisatawan Lokal Hari biasa Rp. 5.000, Weekend Rp. 7.500

Alamat       : terletak di dua Kabupaten di Jawa Timur yakni Kabupaten Banyuwangi, masuk area kecamatan licin dan kecamatan klobang Kabupaten Bondowoso.


2. Pulau Merah


Pulau Merah memiliki bentuk yang menyerupai pegunungan di tengah pantai. Airnya jernih seperti kristal dan pasirnya sangat putih, sehingga bisa memanjakan matamu. Di bagian timur pantai ada barisan gunung. 


Suasana pantai semakin asri karena di sana ada banyak pohon kelapa dan pisang yang menambah kerindangan. Di bagian selatan dari Pulau Merah, kamu bisa menikmati matahari terbenam dengan lebih maksimal. Saat laut di sana surut, kamu bisa berjalan kaki sambil menikmati keindahan “gunung” kecil di tengah pantai yang warna tanahnya merah. Itulah sebabnya, pulau ini diberi nama Pulau Merah.


Harga Tiket : Rp. 8.000
Alamat         : Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


3. Pantai Green Bay


Pantai Green Bay dikenal juga dengan sebutan Pantai Teluk Ijo. Pantai ini memiliki pemandangan indah sempurna dengan pasir lembut. Airnya jernih berwarna biru kehijauan dan batu karangnya cantik. Pantai Green Bay masih terhitung sebagai bagian dari Pantai Pulau Merah dan pantai selatan lainnya, juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.


Dinamakan Teluk Ijo, karena air laut yang jika dilihat dari kejauhan berwarna hijau. Warna air laut yang nampak hijau ini disebabkan oleh tumbuhan Alga yang berada di dasar laut. Selain itu, pepohonan dan gunung gunung di sekeliling pantai memperkuat karakter hijau dari pantai ini.


Harga Tiket : Rp. 7.500

Alamat         : Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 


4. Pulau Tabuhan


Pulau Tabuhan adalah pulau kecil yang memiliki luas hanya 5 sampai 6 hektar. Pulau ini juga tidak berpenghuni. Meskipun tidak terlalu besar, namun ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana, seperti snorkeling, karena ombak di sana cenderung tenang.


 Pilihlah spot yang agak tengah. Kalau nggak suka snorkeling, cukup bikin rileks pikiran kamu dengan cara mengelilingi pulau dan foto-foto di setiap sudutnya yang instagenic. 


Tiket Masuk : Gratis (Menyewa Kapal Rp. 500.000 s/d 700.000)
Alamat          : Ds. Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


5. Pantai Sukamade


Pantai Sukamade juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Ombaknya cukup besar dan pasirnya cokelat, teksturnya halus. Pantai Sukamade juga ditumbuhi oleh pohon-pohon besar dan lingkungannya masih asri. 


Di sekitarnya ada banyak penyu dengan berbagai spesies. Yup, pantai tersebut memang sudah menjadi habitat penyu-penyu. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke sana untuk melihat tempat penangkaran penyu sekaligus mengetahui proses penyu bertelur.



Tiket Masuk : Hari biasa Rp. 0, Sedangkan Weekend Rp.10.000
Alamat          : Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi Regency, East Java.


6. Pantai Grand Watu Dodol


Pantai Grand Watu Dodol memiliki pemandangan indah dan di sana banyak pohon untuk menjadi tempat berteduh. Pantai ini juga menawarkan keindahan taman bawah laut dengan berbagai jenis kehidupan bawah laut yang mampu menghipnotis kamu.


 Jadi, bagus banget untuk snorkeling. Kamu bisa memesan peralatan snorkeling seharga Rp 25 ribu*, jasa penandung Rp 25 ribu*, dan menyewa alah diving dengan tabung oksigen seharga Rp 350 ribu*. Letak terumbu karangnya hanya berjarak 5 meter dari dataran. Dengan kedalaman 3 meter aja, kamu sudah bisa menikmati keindahan taman laut ini. Jika nggak pengin snorkeling, kamu bisa keliling pulau dengan menyewa perahu seharga Rp 10 ribu* per orang.


Tiket Masuk             : Gratis
Alamat          : Jl. Situbondo - Banyuwangi, Parasputih, Ketapang, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68455.


7. Pasar Ikan Muncar


Sahabat Mistertraveller, Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak laut dan menghasilkan banyak ikan. Salah satu kota penghasil ikan terbesar di Indonesia adalah Banyuwangi, tepatnya di Pasar Ikan Muncar yang kini menjadi kawasan ekowisata bahari. 


Disana dijual berbagai macam jenis Ikan dari yang kecil hingga yang paling besar ada disana.Selain bisa menikmati pemandangan bahari, di sana kita juga bisa berbelanja bahan laut dengan nyaman.


Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Pasar ikan di Pelabuhan Brak  Kalimoro, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kab. Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.


 Semoga Informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Mistertraveller. jangan lupa Follow ya agar kalian bisa mengikuti informasi update setiap harinya......!!!

Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan