BREAKING NEWS

Sunday, August 19, 2018

7 destinasi wisata menarik di Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia


Hallo Sahabat Mistertraveller Meskipun kabupaten ini menjadi daerah penyangga Surabaya yang penting, namun banyak juga loh tempat wisata di Sidoarjo yang menarik dan popular. Apalagi wilayah ini juga kerap diidentikkan dengan udang dan ikan bandeng, sehingga wisata kuliner juga menjadi salah satu andalan kota ini.
Secara geografis, Sidoarjo berbatasan langsung dengan Kota Surabaya disisi utara dan Selat Madura di bagian timurnya. Sidoarjo juga termasuk dalam kawasan industri Gerbangkertosusila yang terbilang pesat perkembangannya. Potensi inilah yang kemudian melahirkan sejumlah destinasi wisata baru dan menarik untuk dikunjungi.

1. Lumpur Sidoarjo
Bencana bisa juga memberikan hikmah bagi yang mengalaminya. Lumpur Lapindo yang terjadi tahun 2006 saat ini menjadi lautan lumpur yang menampilkan panorama yang unik dan eksotis. Bahkan saat matahari terbit (sunrise) maupun terbenam (sunset) menampilkan pemandangan yang sungguh menawan. Tak sedikit wisatawan maupun pemburu spot foto unik datang ke tempat ini karena tak ada duanya di dunia. Penasaran? Datang saja ke Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Sidoarjo.


Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.


2. Pulau Sarinah
Bencana Lumpur Lapindo juga mendorong tangan-tangan kreatif untuk membuatnya berguna. Pulau Sarinah merupakan pulau buatan yang dibangun dari hasil sedimentasi Lumpur Lapindo. Obyek wisata yang baru dan berlokasi di Desa Kedugpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama karena menawarkan panorama alam bukan saja indah namun juga asri dengan banyak tanaman hijau di sekitarnya. Terlebih dengan ombaknya yang kecil sehingga nyaman untuk bermain.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat          : Ds. Kedugpandan, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

3. Sentra Tas Tanggulangin
Mengunjungi Sidoarjo tak akan afdol tanpa mampir ke Tanggulangin. Taps, sentra pembuatan tas sangatlah popular dan disejajarkan dengan Cibaduyut-nya Bandung. Destinasi wisata belanja yang ada sepanjang jalan Desa Kludan, Sidoarjo ini anda akan melihat dari dekat cara atau proses pembuatas tas dan membelinya untuk koleksi atau buat oleh-oleh. Ada baragam model tas yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Tiket Masuk : Gratis
Alamat           : Ds. Kludan Kec. Jabon Kab. Sidoarjo, Prov, Jawa Timur.

4. Alun-Alun Kota Sidoarjo


Setiap kota memiliki alun-alun yang menjadi sarana rekreasi bagi warganya. Begitu juga Alun-alun Kota Sidoarjo yang selalu ramai, khususnya saat akhir pekan. Lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau membuat banyak wisatawan yang datang dan menikmati suasana di tempat ini.

Selain jalan-jalan atau sekedar kumpul bareng teman, di tempat ini juga banyak terdapat warung yang menawarkan aneka menu makanan khas daerah. Sambil nongkrong, anda juga bisa mengambil spot untuk selfie dengan latar Monumen Udang dan Bandeng yang menjadi ikon kota Sidoarjo ini.
Tiket Masuk : Gratis (bayar Parkir Rp. 2.000 saja)
Alamat     :  Jalan Ahmad Yani, Sidokumpul, Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212.

5. Pantai Kepetingan Sidoarjo

Obyek wisata alam yang terletak di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo Jawa Timur ini menawarkan wisata pantai yang unik. Di tempat ini anda tidak hanya bisa jalan-jalan menyuuri pasir pantai yang indah namun anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling dan menikmati suasana alamnya yang mempesona. Yang menarik, di pantai ini terdapat hutan bakau yang memberikan pemandangan yang sungguh mempesona. Selain asri, hijau, dan indah, anda juga bisa menikmati suara burung yang sering terbang di sekitar hutan. Tempat ini sering digunakan untuk kegiatan upacara sedekah laut atau nyadran sehingga popular di kalangan wisatawan.

Tiket Masuk : Hanya membayar tiket parker saja
Alamat          : Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

6. Candi Pari
Destinasi wisata yang lokasinya tak jauh dari Lumpur Lapindo atau tepatnya di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Sidoarjo ini adalah candi peninggalan Majapahit dengan bentuk bangunan seperti banyak ditemukan pada candi-candi di Vietnam. Di sekitar candi ini juga bisa anda temukan beberapa bangunan kuno seperti sumur yang cukup unik untuk anda jadikan spot foto selfie anda.

Tiket Masuk : Rp. 2.000 (Senin s/d Jumat), Rp. 4.000 (Sabtu-Minggu)
Alamat          : Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

7. Museum Mpu Tantular
Museum seluas 3,28 hektar yang berlokasi di Jl Buduran, Sidoarjo ini kerap menjadi kunjungan anak sekolah ataupun wisatawan yang ingin mengetahui sejarah lama kota ini. Di tempat ini anda bisa melihat koleksi Etnografi yang menarik, Numismatik, Goelogi, Biologi, koleksi emas, serta sejumlah lukisan.

Tiket Masuk : Rp. 4.000
Alamat          : Jl. Buduran Kota Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Mistertraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 


Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!


Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan