BREAKING NEWS

Wednesday, August 29, 2018

7 destinasi wisata menarik di Blitar, Provinsi Jawa Timur, Indonesia




1. MAKAM BUNG KARNO

Makam Bung Karno ini terletak di Desa Bendogerit, dengan jarak sekitar 3 Km di utara dari kota Blitar, dan berdiri diatas lahan yang luas. Untuk masuk ke makam Bung Karno, tidak dipungut biaya tiket masuk. Kompleks makam Bung Karno adalah sebuah bangunan yang berbentuk joglo khas Jawa, di dalamnya terdapat makam Bung Karno, dan diapit oleh makam kedua orang tuanya.
Di areal makam terdapat juga sebuah perpustakaan, sebuah tempat untuk menyimpan buku - buku dan tulisan Bung Karno. Anda dapat mengenal sosok Bung Karno lebih dalam di perpustakaan, selain perpustakaan, terdapat juga Museum Bung Karno, di dalamnya banyak disimpan benda - benda milik Bung Karno. Berwisata ke Kota Blitar tidak akan lengkap tanpa mengunjungi makam Bung Karno, tokoh proklamator yang juga pernah menjabat sebagai presiden pertama RI.


Makam dari Bapak Bangsa ini selalu ramai dikunjungi peziarah yang datang dari berbagai daerah.
Sebagai salah satu destinasi wisata sejarah, tempat ini menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai seperti gazebo, taman hingga mushola.
Tiket Masuk      : Rp. 3.000
Alamat          : Jl. Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.


2. ISTANA GEBANG

Istana Gebang merupakan tempat masa kecil Bung Karno, berjarak lebih kurang 2 Km dari makam Bung Karno. Dari kompleks makam menuju Istana Gebang, anda cukup menggunakan becak saja. Inilah tempat tinggal kedua orang tua Bung Karno, sebuah rumah yang sampai sekarang masih ramai dikunjungi banyak orang, apalagi pada bulan Juni. Bangunan peninggalan Indonesia yang terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur ini memiliki nuansa tempo dulu banget. Cocok untuk kamu pecinta sejarah, apalagi sejarah bangsa Indonesia. Dan didekat Istana Gebang ini juga terdapat makam Presiden Ir. Soekarno lho, letaknya juga gak jauh, sekitar 2km bagian utara dari Istana Gebang. Memiliki luas tanah sekitar 2 hektar, dan dibagian dalam bangunan terdapat sebuah ruang tamu yang cukup luas.


Tiket Masuk : Rp. 2.000
Alamat          : Jl. Sultan Agung, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur.


3. WATERPARK SUMBERUDEL

Water Park Sumberudel adalah tempat wisata di Blitar yang ramai akan pengunjung. Banyak pelancong dari Kota lain yang datang ke Water Park ini. Tersedia berbagai fasilitas menarik di Water Park ini, seperti tempat bermain anak, panggung gembira, arae parkir yang cukup luas, penyewaan dan penitipn alat renang, dan yang tak kalah seru yaitu 2 kolam renang dengan air yang selalu terjaga kebersihannya.
Spot wisata dan rekreasi air ini menawarkan sensasi liburan seru di Kota Blitar. Dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan air yang tersedia, liburanmu akan semakin seru dan berkesan.


Tiket Masuk : Rp. 13.000
Alamat          : Jl. Kali Brantas, Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur.


4. PANTAI TAMBAKREJO

Pantai Tambakrejo ini terletak di sebelah selatan kota Blitar, dengan jarak sekitar 30 Km dari pusat kota Blitar, tepatnya berada di Desa Tambakrejo Kec. Wonotirto. Pantai Tambakrejo merupakan salah satu tempat wisata dengan ombak laut yang relatif tenang, sehingga banyak keluarga yang datang untuk berenang dan bermain, serta menikmati wisata pantai ini.

Pada sa'at pagi hari anda akan sering mendapati para nelayan yang baru pulang melaut dan hasil tangkapannya yaitu ikan - ikan segar. Jika anda ingin membeli ikan - ikan ini, anda bisa mendapatkannya di tempat pelelangan ikan yang ada di pntai Tambakrejo ini.



Tiket Masuk : Rp. 5.000

Alamat          : Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.


5. CANDI PENATARAN

Candi Penataran merupakan candi terbesar di Jawa Timur dan merupakan salah satu wisata di Blitar yang terkenal dengan nilai sejarahnya. Anda pasti betah dsini, karena hawa alam yang begitu sejuk di kawasan candi. Candi Penataran terletak di kaki gunung kelud.
Secara historis Candi Penataran berdiri pada era tiga kerajaan besar Nusantara, antara lain Kediri, Majapahit, Singasari. Dalam legenda masyarakat setempat meyakini bahwa Candi Penataran merupakan tempat dimana Gajah Mada mengucap sumpah yang dikenal yaitu sumpah palapa, sebuah sumpah bertujuan mempersatukan nusantara di bawah naungan Majapahit.


Tiket Masuk : Rp. 3.000
Alamat         : Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.


6. KEBON ROJO

Kebon Rojo, dengan nama resmi yaitu Taman Wisata Kebonrejo, berlokasi di jantung kota Blitar. tepat sebelah barat rumah dinas walikota Blitar. Kebon Rojo adalah salah satu tempat wisata di Blitar yang ramai dikunjungi, terlebih pada saat akhir pekan. Taman Kebon Rojo juga di jadikan tempat acara anak - anak pada hari - hari tertentu seperti, lomba melukis anak, hiburan anak, dan lain - lain. Tempat ini juga cocok untuk bersantai dan barmain.

Tiket Masuk : Gratis          
Alamat          : Jl. Diponegoro No.12, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66133.


7. CANDI GAMBAR WETAN

Candi Gambar Wetan adalah sebuah candi yang terdapat di kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi Gambar Wetan terletak sekitar 7 Km arah utara Candi Panataran, sedangkan Candi Panataran terletak sekitar 12 Km utara Kota Blitar. Tak ada kendaraan umum yang bisa mengangkut wisatawan secara khusus langsung ke Candi Gambar Wetan. Tetapi hanya bisa menumpang truk pasir yang menuju arah penambangan pasir yang disebut dengan "laharan" di sebelah selatan kebun Candi Sewu. 


Sejak dulu Candi Gambar Wetan Blitar memang selalu menarik untuk dikunjungi. Area situs yang luas dan struktur bangunannya yang menyatu dengan bukit, telah membuat kagum para pengunjungnya. Pasca ekskavasi pastilah para pengunjung semakin terperanjat, sebab beberapa struktur yang selama ini terpendam di dalam bukit kini mulai ditampakkan ke permukaan. Postingan ini akan sedikit mengupas wajah baru Candi Gambar Wetan Blitar pasca ditampakkannya struktur terpendam.

Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.


Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!



Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan