BREAKING NEWS

Friday, September 7, 2018

7 destinasi wisata menarik di Jakarta Utara, Indonesia




1. KEPULAUAN SERIBU

Siapa bilang laut Jakarta itu kumuh dan kotor, kalau traveler mau menyeberang ke lepas pantai utara Jakarta maka mereka akan menemukan surga wisata bernama Kepulauan Seribu. Gugusan pulau ini berada di wilayah administratif kabupaten Kepulauan Seribu yang dulu menjadi bagian kecamatan dari Kota Administrasi Jakarta Utara. Di Kepulauan Seribu traveler bisa melakukan island hopping dan berbagai kegiatan air yang seru seperti berenang, menyelam dan snorkeling. Semakin jauh pulau dari daratan utama kota Jakarta maka pulau tersebut akan semakin keren dan lautnya juga sangat bersih. Beberapa pulau yang terkenal di wilayah ini adalah Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, dan Pulau Onrust. Untuk menuju ke kawasan ini traveler bisa menggunakan jasa penyeberangan dari pelabuhan Ancol maupun Muara Angke.



Tiket Masuk         : Rp. 35.000 (Penyeberangan dari sunda Pelabuhan Sunda Kelapa ke Pulau Seribu)
Alamat         : Kelurahan Kepulauan Seribu, Kecamatan Kepulauan Seribu, Kotamadya Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta. 


2. HUTAN BAKAU PANTAI INDAH KAPUK


Berkunjung ke Wisata Hutan Bakau Pantai Indah Kapuk bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam yang tidak mengecewakan. Tempat wisata ini berada di pesisir utara Jakarta Utara lebih tepatnya berada di daerah Pantai Indah Kapuk. Pemandangan di tempat ini sudah pasti sangat kontras dengan wilayah perkotaan. Jarang-jarang kan dapet suasana yang hijau dan sejuk di Jakarta? Jadi kalau lagi jalan-jalan ke hutan mangrove Pantai Indah Kapuk ini wajib hukumnya buat foto-foto. Banyak spot favorit yang bisa Kamu jajal di sini, misalnya di lorong jalan sepanjang hutan yang diselimuti tanaman bakau, di bagian depan pondok-pondok penginapan atau di tepi danau.  Saran : Hindari membawa kamera DSLR atau kamera profesional lainnya, karena Kamu akan dikenakan denda Rp1.000.000 bahkan lebih. Karena Ternyata di kawasan hutan mangrove PIK ini Kamu cuma boleh bawa kamera hp aja. di hutan mangrove Pantai Indah Kapuk ini Kamu bisa ikut short course untuk diajari proses penanaman bakau atau mangrove. 


cukup bayar Rp150.000 untuk setiap proses pembelajaran. Atau kalau Kamu pengen punya papan nama sendiri di mangrove yang sudah Kamu tanam, maka uang yang harus dibayarkan sebesar Rp500.000.

Tiket Masuk : 30.000 (bisa menyusuri dengan kapal)
Alamat          : Jalan Garden House RT.8/RW.1 Kamal Muara Penjaringan, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470.


3. SEA WORLD ANCOL

SeaWorld Ancol merupakan wisata populer di kawasan Ancol Jakarta Baycity yang mengusung 3 tujuan utama. Yaitu, tidak hanya menghibur, juga memberikan edukasi tentang biota laut, dan pengalaman konservasi yang memanjakan mata. SeaWorld Ancol menyuguhkan 3 zona perairan yaitu zona perairan tawar, zona pesisir, dan zona perairan laut. SeaWorld menyuguhkan keindahan 7.300 biota air tawar dengan 48 jenis ikan dan 1 jenis reptil. Di zona pesisir, pengunjung akan dimanjakan dengan akuarium yang dibuat mirip dengan biota pesisir aslinya. Dan zona laut menampilkan 11.500 biota dengan 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.



Ketiganya disuguhkan dalam 28 display dengan 19 akuarium laut, 9 akuarium tawar dan 4 kolam terbuka. Masing – masing display akan memberi tema khusus dan nuansa berbeda dengan pesan edukasi untuk pengunjung. Seaworld Ancol dengan luas ±3 hektar, menyuguhkan berbagai wahana hiburan dunia air yang memanjakan mata. Seaworld Ancol juga memberi program edukasi tentang kehidupan biota laut, khususnya untuk rombongan study tour sekolah. Untuk beberapa binatang laut hampir punah seperti penyu laut, Seaworld Ancol menyajikan program konservasi untuk pelestariannya.

Tiket Masuk : Rp. 140.000
Alamat       : Jalan Lodan Timur No.7 RW.10 Kota Tua, RW.10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.


4. WATERBOOM JAKARTA UTARA


Waterbom Jakarta merupakan taman wisata air luas yang terkenal dengan seluncurannya yang berliku. Kolam renang ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Wisata Air Jakarta punya pesona yang sangat menarik sehingga Anda harus mengunjunginya ketika berada di ibukota Indonesia ini. Objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung pada setiap harinya. Objek wisata ini punya daya tarik tersendiri, dimana tempatnya memiliki pemandangan alam yang indah, karena itulah tempat wisata ini tampak berbeda dengan wisata air lain. Selain itu, tempat ini bukan hanya sekedar wisata air saja, melainkan juga sebagai tempat bersantai atau tempat rekreasi yang punya banyak wahana.
Tempat wisat ini membawa konsep untuk kembali ke alam, hal ini terlihat dari adanya beberapa pohon tropis dengan penataan taman dan semak hijau indah yang ada di sekitarnya. Selain itu, keasriannya juga dipadukan dengan arsitektur bangunannya yang modern dan minimalis sehingga menambah kesan yang khas.

Berbagai wahana waterbom Jakarta yang seru bisa Anda nikmati ketika berada di sini. Jika Anda datang ke tempat ini pada hari libur, maka Anda harus bersabar saat ingin mencoba suatu wahana. Beberapa wahana wisata air ini yakni the wizard, aquatube, twister, the hairpin, speed slide, kiddy pool, 4 kiddy slides, dan wild river. Selain itu, masih banyak lagi wahana yang bisa Anda coba.


Bicara tentang pelayanan dan fasilitas wisata waterbom Jakarta ini terbilang lengkap, seperti musholla, area parkir, kamar mandi, tempat istirahat, kantin, dan tempat penitipan. Untuk harga sewa loker tersebut dibedakan menjadi dua, yakni untuk loker individu 25.000 Rupiah, sedangkan untuk loker family harganya 50.000 Rupiah saja. Ketika pergi ke tempat wisata ini, jangan lupa membawa baju ganti. Di tempat ini juga menyewakan pakaian renang yang bisa digunakan semua pengunjung.

Tiket Masuk         : Rp. 150.000 (dewasa), Rp. 100.000 (anak-anak)
Alamat         : Jalan Pantai Indah Barat No. 1, RT.7/ RW 2, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara.


5. RUMAH SI PITUNG


Sebuah rumah panggung bergaya Betawi berdiri tegak di kawasan Marunda, Jakarta Utara. Rumah yang didominasi warna coklat itu dikenal dengan sebutan Rumah Si Pitung. Kompas.com berkunjung ke Rumah Si Pitung, Jumat (27/4/2018). Lokasinya ada di ujung sebelah timur Jakarta Utara, yang berdekatan dengan pesisir laut. Jauh dari keramaian dan hiruk pikuk Ibu Kota. Maklum, daerah di sekitar Rumah Si Pitung, tidak begitu banyak pemukiman penduduk, dan berdekatan dengan kolam tambak ikan. Siang itu, sedang tidak banyak turis yang mengunjungi destinasi bersejarah tersebut. Hanya ada belasan murid sekolah dasar, yang memanfaatkan pelataran Rumah Si Pitung untuk bermain. Kompleks Rumah Si Pitung terdiri dari tiga bangunan. Selain Rumah Si Pitung, dua bangunan lainnya difungsikan sebagai toilet, mushala, serta kios tempat berdagang, yang tampak belum terisi. Baca juga : Jejak Sunyi Si Pitung di Marunda Rumah Si Pitung sendiri terletak di tengah-tengah. Bangunan berbentuk rumah panggung itu punya beberapa ruangan. Layaknya rumah tinggal, bagian terdepan dari rumah itu adalah beranda. Satu set meja yang dilengkapi dengan stoples, tampak dipasang di salah satu sudut ruangan. Memasuki bagian dalam rumah, pengunjung disambut ruang tamu sebelum menemui kamar tidur. Di dalam kamar tidur, tempat tidur berkelambu tertata rapih. Masuk lebih jauh ke dalam rumah, terdapat ruang tengah, dan ruang makan yang cukup luas. 


Tidak banyak koleksi atau peninggalan terkait Si Pitung, yang disimpan di ruangan tersebut. Hanya ada sebuah meja makan, dua buah lemari, dan tiga buah bangku di sana. Dinding di bagian dalam rumah dihiasi sejumlah pernak-pernik, yang sayangnya tidak begitu menceritakan sosok Si Pitung.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat     : Jl. Kampung Marunda Pulo, RT.02 / RW.07, Marunda, Cilincing, RT.2/RW.7, Marunda, Cilincing, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14150.


6. MUSEUM BAHARI


Anda sedang melewati wilayah Jakarta Utara? Jangan lupa mampir di Museum Bahari untuk melihat keindahan bangunan dan benda-benda peninggalan masa lampau Belanda yang masih tersimpan baik hingga saat ini di Museum Bahari. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda pecinta cerita zaman dahulu alias sejarah. Sebab Anda bisa secara langsung melihat masa peninggalan nenek moyang kita dulu ketika masa Belanda. Setelah Anda tahu dimana dan apa saja tempat wisata di Jakarta Utara yang sangat terkenal, Anda wajib untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Sebab selain suasana hiburan yang menyenangkan yang bisa Anda dapatkan bersama keluarga, Anda juga akan lebih tahu akan cerita sejarah di masa lampau. Anda bisa menikmati liburan bersama buah hati dan anggota keluarga lainnya dengan santai dan pastinya menyenangkan. Tidak hanya wisata alam, namun juga wisata edukasi bagi keluarga tercinta. 


Tunggu apalagi, nikmati liburan Anda dengan mengunjungi tempat wisata yang tersebar di Jakarta Utara.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat      : Penjaringan Administrative Village, Penjaringan Subdistrict, Jakarta, Indonesia.


7. PELABUHAN SUNDA KELAPA

Pelabuhan tua ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan sempat menjadi gerbang masuk terbesar ke kawasan Jakarta. Pelabuhan Sunda Kelapa juga sarat akan nilai historisnya. Inilah tempat dimana kamu bisa melihat cikal bakal kota Jakarta. Siapkan kamera yang bagus biar dapat gambar yang maksimal. Meski kawasan pelabuhan ini terbilang panas di siang hari namun tidak akan menyurutkan semangat para petualang sejati.
Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi salah satu destinasi di utara Jakarta. Pengunjung bisa hunting foto, atau pun berlayar naik perahu di sekitar sana. Kalau bingung liburan weekend mau ke mana, Pelabuhan Sunda Kelapa bisa jadi pilihan. Selain dekat, murah meriah pula. Pelabuhan Sunda Kelapa berjarak tidak jauh dari Kota Tua, sekitar 4,5 km. Jadi jika kuat, kita bisa sampai di sana dengan berjalan kaki sekitar 25 menit. Untuk memasuki kawasan Sunda Kelapa, pejalan kaki hanya dikenakan Rp 2.500. Bilang saja ke petugasnya kalau kita mau jalan-jalan dan foto-foto. Memasuki kawasan pelabuhan, terlihatlah barisan kapal-kapal pinisi. Sebagian kapal tengah mengisi kapalnya dengan barang-barang yang akan dibawa ke pulau lain. Selain foto-foto, kita bisa juga menyewa perahu untuk keliling sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa, termasuk melihat mercusuar dan naik salah satu kapal. Biaya untuk sekali jalan Rp 50 ribu per perahu. Bagaimana mencarinya? Biasanya bapak-bapak yang menyewakan perahunyalah yang akan memanggil pengunjung dan menawarkan jasanya. Setelah perahu berjalan sekitar 10 menit, kita sudah bisa melihat 2 mercusuar, satu berwarna merah dan satu lagi hijau. Mercusuar merah masih rusak karena sempat tertabrak kapal. Dari mercusuar, kami diperbolehkan naik satu kapal pinisi yang berada tidak jauh dari mercusuar. Dan tentu saja boleh berkeliling kapal sambil foto-foto, juga mengobrol dengan awak kapal. Di perjalanan pulang, kami melewati kapal-kapal yang diparkir di salah satu sudut tidak jauh dari deretan kapal pinisi. Oleh bapak yang mengantar kami keliling, kami diberitahu bahwa di situlah rumahnya. Ya ampun, saya tidak terbayang bagaimana jika hujan. 


Sedih sekali mendengarnya. Sekitar 1 jam, perjalanan kami selesai. Setelah mengucapkan terima kasih kepada bapak ini, kami turun dari kapal. Sungguh perjalanan sederhana yang memberikan pengalaman yang begitu berharga.

Tiket Masuk : Rp. 2.500
Alamat          : Kota Tua, Ancol, Pademangan, North Jakarta City, Jakarta
Provinsi: Jakarta.

   
Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Mistertraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 
    
Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!



Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan