BREAKING NEWS

Thursday, September 6, 2018

7 destinasi wisata menarik di Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia




1. TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI


Siapa sih yang tidak tahu Gunung Rinjani? Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini sudah terkenal ke seantero nusantara bahkan dunia. Gunung dengan ketinggian 3.726 m dpl ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang berada di tiga wilayah berbeda di Lombok, yakni Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Gunung yang juga menjadi primadona bagi para pendaki ini ternyata memiliki berbagai keindahan lainnya yang sangat sayang dilewatkan. Mulai sekarang, agaknya tak berlebihan jika Anda menyempatkan berwisata di Gunung Rinjani saat mengunjungi Lombok Utara. Keindahan gunung rinjani tak perlu diragukan lagi. Keindahan tersebut juga dimanfaatkan oleh beberapa orang dalam dunia bisnis. Kita bisa menemukan beberapa penginapan di Sembalun yang memanfaatkan keindahan Gunung Rinjani sebagai latar belakang penginapan mereka. Banyak yang datang dan menginap di tempat ini karena tertarik dengan keindahan panorama Gunung Rinjani yang sudah kesohor.


Tiket Masuk: Rp. 5.000 (wisatawan lokal), Rp. 150. 000 (wisatawan mancanegara)
Alamat         : Jl. Cendrawasih No.8, Sugian, Cakranegara, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 83239.


2. SEGARA ANAK

Masih di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, tepatnya di jalan menuju puncak Gunung Rinjani. Para pendaki akan dimanjakan dengan sebuah danau yang dikenal dengan Segara Anak. Airnya yang bening serta memendarkan warna biru khas laut membuatnya dijuluki sebagi segara (laut) anak. Biasanya para pendaki yang melewati daerah ini menggunakan kawasan sekitar Segara Anak sebagai tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam. Tempat yang satu ini berada di kaldera Gunung Rinjani. jadi untuk mencapai lokasi yang satu ini dibutuhkan tenaga ekstra yang lumayan. Danau ini sendiri terbentuk karena akibat letusan gunung Rinjani.

Bekas letusan tersebut kemudian terisi oleh air dan menjadi sebuah danau yang sangat cantik. air dari danau ini sendiri mengalir ke beberapa tempat yang menghasilkan banyak sekali air terjun yang indah di kaki gunung ini.


danau ini sendiri bisa dibilang merupakan primadona kedua yang ada di Lombok Utara. suasana di daerah ini benar-benar sangat nyaman dan nikmat. selain itu juga kita bisa melakukan beberapa kegiatan di Danau ini. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah memancing. Tempat ini sendiri terkenal memiliki banyak ikan mujair yang bisa kita pancing dan bisa kita bakar di tempat, sembari menikmati keindahan alam di danau ini.

Tiket Masuk : Rp. 5.000 (local), Rp. 150.000 (Mancanegara). Harga Tiket bersamaan masuk dengan masuk di taman nasional Gunung Rinjani.
Alamat         : Cakranegara, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 83239.




3. GILI TRAWANGAN

nama objek wisata di Lombok Utara ini pasti tidak aneh bagi para wisatawan domestic maupun manca Negara. Gili (pulau) ini merupakan pulau terbesar diantara tiga gili yang terkena di Pulau Lombok. Dengan populasi penduduk sekitar 800 jiwa, gili ini memiliki fasilitas berwisata yang layak dan cukup lengkap. Sehingga para wisatawan tak perlu bingung dan bisa menikmati liburan mereka dengan maksimal. Pantai yang satu ini memiliki banyak sekali fasilitas yang dapat memanjakan kita sebagai wisatawan saat berkunjung ke lokasi ini. selain itu tempat ini juga menawarkan banyak sekali spot Diving bagi mereka yang suka dengan kegiatan tersebut. pemandangan bawah laut di Gili Trawangan tak kalah indah jika dibandingkan dengan spot diving lain yang ada di di Indonesia. Satu lagi yang menjadikan Pantai ini merupakan tempat yang terbaik adalah waktu sunset. 


Menikmati Sunset di Gili Trawangan merupakan sebuah hal yang sangat luar biasa. keindahan pesona sunset di pantai ini menjadikannya salah satu dari sekian banyak sunset terindah di Indonesia. Selain sunset kita juga bisa menikmati banyak sekali pulau-pulau kecil yang bisa kita jelajah.

Tiket Masuk : Rp. 10.000
Alamat       : Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan.


4. AIR TERJUN SENDANG GILE

Sendang Gile adalah salah satu nama objek wisata yang berada di Lombok Utara, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Objek wisata ini termasuk dalam salah satu objek wisata yang berada dalam wilayah kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Pemandangan sekitar yang asrih dan sejuk serta air segar yang berasal langsung dari mata air Gunung Rinjani menjadi saya tarik utama dari objek wisata yang ada di Lombok Utara ini.
Air terjun yang satu ini merupakan lokasi wisata yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan. terkenalnya air terjun ini karena lokasinya yang cukup strategis yaitu dikaki gunung Rinjani. sebagai salah satu tempat wisata air terjun di lombok, air terjun ini bisa dibilang sangat terkenal.


Maka tak heran jika pengunjung yang berdatangan ke lokasi ini hampir tak pernh mengalami penuruan. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian 40 meter, dengan suasana yang sangat sejuk. Suasana di tempat ini masih kental dengan pesona alamnya  yang sangat menawan. Air terjun ini sendiri berada di desa Senaru yang masih masuk kedalam Taman Nasional Gunung Rinjani. Jika kita berangkat dari desa Senaru maka kita akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. namun, jika kita berangkat dari Mataram maka waktu yang kita butuhkan kurang lebih 2 jam perjalanan.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat       : Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.


5. AIR TERJUN KERTA GANGGA

Wisata air terjun yang berlokasi di dusun kerta, desa Genggelang, kecamatan Gangga ini memang sudah terkenal keindahannya. Pada area wisata air terjun ini terdapat 3 buah air terjun dan 2 tingkatan air terjun. jadi bisa dikatakan air terjun ini sendiri seperti air terjun yang berundak. undakan air terjun ini sendiri semakin menambah keindahan yang dimiliki oleh tempat ini. selain pemandangan air terjunnya yang menawan. tempat ini juga menawarkan pemandangan alamnya yang sangat cantik. kita bisa menikmati hamparan persawahan dan beberpa hutan yang elok. hal dikarenakan lokasi dari air terjun ini sendiri memang bisa dikatakan cukup tinggi, sehinhha kita bisa menikmati keindahan alam di sekitar air terjun tersebut. Air Terjun Kerta Gangga memiliki dua tingkatan, satu di bawah dan dua di atas. 


Untuk tingkatan yang di atas letaknya berdampingan, akan tetapi yang satu letaknya agak tersembunyi, dimana untuk mencapainya harus melewati jembatan bambu kecil.  Masing- masing ketinggian Air Terjun Kerta Gangga mencapai 35 hingga 40 meter, dengan nuansa yang alami dan elok.


Tiket Masuk     : Rp. 2.000
Alamat       : desa Genggelang, kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.


6. AIR TERJUN TIU KELEP

Satu lagi Wisata Alam di Lombok Utara yang berupa air terjun. Air Terjun yang satu ini berlokasi di desa Senaru Kecamatan Bayan. tempat yang satu ini memiliki air terjun dengan ketinggian 30 meter. serta airnya sangat jernih dengan sensasi dingin yang sangat mengigit. Lokasi ini sendiri sangat berdekatan dengan air Terjun Sendang Gile. sebagai salah satu tempat wisata di Lombok, air terjun ini merupakan salah satu dari primadona yang ada.


lokasi ini memiliki 1 air terjun utama yang sangat deras dan sangat jernih airnya. serta bebarapa air terjun kecil yang airnya mengalir di dinding tebing. serta kabut yang terkadang masih dapat kita lihat meskipun siang hari. selain itu tempat ini juga memiliki banyak sekali fasilat penunjung yang membuat wisatawan betah untuk berlama-lama disini.

Tiket Masuk : Rp. 3.000
Alamat       : Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kapupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.


7. AIR TERJUN TIU PUPUS

Berada di Dusun Kerurak, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga. Air terjun Tiu Pupus yang memiliki arti air yang mengalir dari akar kayu. Hal ini karena memang lika-liku aliran air yang melewati akar pohon yang rindang sangat banyak sebelum jatuh kepermukaan dasar kolam. Ketinggian dari Air terjun sekitar 50 m sedangkan dalamnya 4 m dan memiliki luas sekitar 100 meter persegi.
Air terjun Tiu Pupus belum banyak wisatawan yang mengunjungi. Sehingga masih sepi tetapi dengan begitu alami dan kecantikannya masih terjaga. Semilir angin pegunungan yang menusuk dinginnya kulit. Tebing-tebing curam serta pohon-pohon yang hijau dan rimbun menjadi daya tarik tersendiri.
Pepohonan Kakao tumbuh subur dikanan kiri jalan menuju Air terjun Tiu Pupus. Buah ranumnya sangat menggoda bergelantungan sepanjang jalan. Memang Lombok Utara terkenal dengan perkebunan coklatnya. Masyarakat sekitar air terjun Tiu Pupus yang sangat ramah bahkan banyak dari mereka yang mencuci dan mandi di Air Terjun Tiu Pupus.


Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian 50 meter, dengan air yang jernih. selain itu juga di air terjun yang satu ini terdapat genangan air sedalam 20 meter. genangan air tersebut tepat berada di bawah air terjun, jadi yang ingin berenaang sebaiknya berhati-hati. bagi yang suka dengan tantangan mungkin bisa menjadikan tempat yang satu ini menjadi tantangan yang menarik.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat     : Dusun Kerukak, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Mistertraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!


Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan