BREAKING NEWS

Saturday, September 1, 2018

7 destinasi wisata menarik di Kediri, Provinsi Jawa Timur, Indonesia




1. GUNUNG KELUD


Gunung Kelud adalah gunung api yang paling aktif di Indonesia, selain Gunung Merapi. Terakhir kali gunung ini meletus adalah pada awal tahun 2014 lalu.
Semburan abu vulkanik menyuburkan daerah sekitar gunung ini. Itulah mengapa, sekalipun gunung ini tandus karena erupsi, tak berapa lama kemudian pepohonan segera tumbuh kembali. Erupsi justru menjadikan pemandangan dari gunung ini terlihat luas biasa. Dari Gunung Kelud, kamu bisa menyaksikan terowongan misteri, Puncak Gajah Mungkur, kawah, aliran air panas dan kubah lava.
Hingga kini, banyak wisatawan yang mengunjungi gunung ini karena pemandangan cantik dan indah yang ditawarkan oleh Gunung Kelud. Mereka yang datang ke gunung ini tidak hanya pendaki, namun juga wisatawan biasa. Anda bisa mencapai ketinggian gunung yang cukup tinggi dengan kendaraan karena jalanan sudah beraspal dan cukup mudah untuk dilalui.


Tiket Masuk : Rp. 5. 000 s/d Rp. 10.000
Alamat         : Gunung Kelud adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang tergolong aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.


2. SIMPANG LIMA GUMUL


Monumen Simpang Lima Gumul dibangun di lokasi pertemuan lima jalan menuju Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Posoklaten. Hal ini menjadikan simpang lima ini menjadi tempat wisata yang paling populer di Kediri. Gedung yang diresmikan pada 2008 ini dipahatkan berbagai peristiwa sejarah di Kediri
dan juga terdapat patung Arca dan Ganesha. Kalau dilihat sekilas, mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris, ya. Jika di Paris ada Arc de Triomphe, maka di Kediri ada Monumen Simpang Lima Gumul atau disingkat menjadi MSLG.. Apalagi bagi Anda yang suka hunting foto, lokasi ini cocok sekali sebagai tempat memuasakan hobi fotografi Anda. Selain itu, MSLG ini juga menjadi tempat nongkrong yang hits. Nama simpang lima sendiri disebabkan karena bangunan ini terletak di persimpangan 5 jalan yaitu Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren dan Plosoklaten.


Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Jl. Raya Dadapan, DesaTugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.


3. CANDI SUROWONO


Candi Surowono sebenarnya bernama Wishnubhawanapura yang kerap juga disebut sebagai Candi Surawana. Candi ini sudah tidak utuh lagi bagian dasarnya. Pada abad 14, Candi Surawono dibangun untuk menghormati Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang menjadi bagian dari kekuasaan Majapahit. Seperti yang tertulis di dalam Negarakertagama, Raja Hayam Wuruk pernah berkunjung dan menginap di Candi Surowono. Disini ada sebuah candi mungil yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Namanya Candi Surawana, tempat wisata di Kediri ini merupakan candi bercorak Hindu yang bersejarah. Disebutkan bahwa candi ini dibangun pada abad 14 dengan tujuan untuk menghormati Raja Bhre Wengker, raja dari kerajaan Wengker. Jika ingin tahu sedikit sejarah tentang apa yang ada di Kediri, tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Candi Surawana.


Tiket Masuk : Sumbangan Sukarela
Alamat          : Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.


4. KONTO RIVER RAFTING


Ingin mencoba berbasah-basahan dan menikmati tantangan? Kediri juga memberikan penawaran atraksi menantang lain yakni Konto River Rafting.
Bagi kamu yang menggemari hiburan yang memacu aderanalin, maka kamu harus menikmati ketegangan berarung jeram di Konto River Rafting. Kamu akan disambut oleh penduduk yang sangat ramah. Selain arung jeram, di tempat ini juga memiliki beraneka permainan pemacu adrenalin seperti flying fox, paint ball, air soft guns dan trust fall. Konto River Rafting ini dijalankan dari tahun 2011, lokasinya berada di daerah aliran sungai Konto. Untuk dapat mencapainya, traveler harus berkendara selama 45 menit bila dari Kota Kediri. Traveler dapat memuaskan keinginan untuk melakukan arung jeram dan mengarungi sungai dengan panjang 12 kilometer. Tak hanya itu, traveler juga akan melewati 11 jeram dengan durasi selama 2 jam. Sesudah puas menguji adrenalin, traveler akan disugui makan siang dengan sajian kuliner istimewa.


Tiket masuk: Rp150.00-Rp199.000 (tergantung penyedia penyewaan peralatan rafting)
Alamat        : Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.


5. KEDIRI WATERPARK

Siapa sangka ternyata Kediri memiliki waterpark dengan papan luncur paling panjang di Indonesia. Adalah Kediri Waterpark yang letaknya 15 km dari pusat kota Kediri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga, apalagi dengan rombongan putra-putri Anda dan juga saudara. Ada wahana bermain yang beragam, mulai dari kolam renang sampai dengan kolam bermain yang seru. Untuk bisa masuk ke salah satu tempat wisata di Kediri yang paling populer ini, Anda harus membayar 50.000 Rupiah untuk hari Senin hingga Jumat dan 70.000 Rupiah untuk Sabtu, Minggu dan hari Libur. Untuk anak dengan tinggi di bawah 120 cm ada harga khusus yaitu hanya 15.000 Rupiah.

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Kediri adalah Kediri Water Park yang dibangun di atas lahan seluas 6 hektar. Hebatnya lagi, Water Side yang dimiliki oleh tempat ini sepanjang 206 meter adalah yang terpanjang di Asia. Kamu juga dapat menikmati Gajah Terbang, Sepeda Udara dan permainan lainnya. Tempat wisata ini cocok menjadi tempat liburan bersama keluarga dan anak-anak.



Tiket Masuk : Rp. 50.000 (Senin s/d Jumat), Rp. 70.000 (Sabtu-Minggu)
Alamat          : Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.


6. GOA SELOMANGLENG


Dulu, gua ini adalah tempat yang digunakan oleh Dewi Kilisuci, putri dari Raja Erlangga untuk mengasingkan diri dan juga bertapa. Menurut cerita, Dewi Kilisuci pernah menolak tahta kerajaan yang diberikan kepadanya, sehingga kemudian sang dewi berusaha mengasingkan diri. Bukti keberadaannya pun bisa terlihat dari relief yang terdapat di dalam atau luar dinding gua. Tidak heran jika gua ini memiliki nilai sejarah tersendiri. Jika Anda ingin berkunjung ke gua ini, letaknya sekitar 7 km dari pusat kota Kediri, tepatnya di Desa Waung,
Memiliki relief dan ukiran pada dinding di dalam maupun di luar gua. Aura mistis, gelap dan dingin sangat terasa saat kamu memasuki gua yang tak seberapa luas ini. Konon gua ini dulu digunakan oleh Dewi Kilisuci untuk bertapa. Putri Raja Erlangga lebih memilih mengasingkan diri dalam tapa ketimbang menerima warisan tahta kerajaan. Tak jauh dari gua ini, kamu dapat mengunjungi tempat wisata lain yakni Museum Airlangga, Gunung Maskumambang dan Gunung Klothok. 


Tiket Masuk : Rp2.500-Rp4.000
Alamat          : Jalan Mastrip, Desa Mojoroto, Kecamatan Pojok, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.


7. KAMPUNG INGGRIS


Kampung Inggris Pare adalah sebuah julukan bagi suatu perkampungan yang terletak di sepanjang Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Perkampungan tersebut berkembang menjadi tempat belajar Bahasa Inggris. Sebagai tempat belajar, pemandangan keseharian di Kampung Inggris Pare tak ubahnya seperti kompleks pelajar. Didominasi oleh hiruk pikuk aktifitas orang-orang yang sedang belajar khususnya pada saat musim liburan, kampung ini tidak kalah ramai dengan tempat-tempat wisata karena banyaknya pelajar, mahasiswa, pekerja maupun masyarakat umum yang mengisi waktu liburan mereka untuk belajar sambil berwisata. Orang-orang yang belajar di Kampung Inggris tidak hanya dari Indonesia melainkan juga dari mancanegara seperti Malaysia, Thailand, Timor Leste, dan lain-lain


Di daerah Pare, terdapat sebuah kampung yang mana penduduknya menggunakan Bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari. Ya, Kampung Inggris adalah kawasan di mana Anda bisa menemukan ratusan lembaga kursus bahasa Inggris. Kampung ini memang terkenal di Indonesia, bahkan jika Anda ingin lancar berbahasa Inggris, Anda bisa datang ke kampung ini. Saat liburan sekolah, banyak siswa atau mahasiswa yang menghabiskan waktu untuk belajar di sini. Menarik juga ya?
Tiket Masuk    : Gratis
Alamat          : sepanjang Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.


Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!


Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan