BREAKING NEWS

Saturday, September 1, 2018

7 destinasi wisata menarik di kota Metro, Provinsi Lampung, Indonesia


Metro adalah salah satu Kotamadya di Provinsi Lampung. Sebagai Kotamadya sampai saat ini Metro memiliki tren tersediri di kalangan masyarkat Indonesia dan masyrakat yang ada lampung, tren tersebut adalah sematan kata Metro sebagai kota pendidikan. Alasannya mengapa Metro dikenal sebagai kota pendidikan karena di Metro memiliki sejumlah perguruan tinggi dan sekolah yang bermutu baik. Selain hal tersebut Metro juga memiliki banyak sekali Pondok Pesantren salah satu pondok pesantren di Metro adalah Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an (PPRQ), Pondok Pesantren Darul A’mal (PPDA), dan Pondok Pesantren Al-Muhsin. Tiga pondok pesantren tersebut memiliki jumlah ribuan santri yang datang dari berbagai daerah di Provinsi Lampung dan di Luar Lampung. Karena alasan tersebut, masyrakat Metro selalu menjadi tujuan pendidikan. Dan dikala libur seringkali peserta didik yang ada di Kota Metro mencarai tempat berlibur atau tempat pariwisata, oleh karena itulah sebagai bahan rekomendasi inilah 10 tempat wisata di Metro yang paling banyak pengunjung. Kota yang terkenal dengan kebersihannya ini ternyata memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Akses dan letak Metro pun sebenarnya sangat mudah dijangkau dari berbagai wilayah di Lampung. Beberapa transportasi seperti bus dan travel juga sudah tersedia untuk melayani rute ke Metro. Artinya bahwa sangat mudah menjangkau wilayah mungil yang hanya memiliki luas 68,74 km². Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Metro Lampung yang bisa anda jadikan sebagai daftar kunjungan untuk liburan. Tujuh lokasi ini merupakan tempat wisata dan juga objek menarik yang bisa didatangi.


1. DAM RAMAN


Dulunya objek ini hanya dibiarkan tanpa ada sentuhan, namun setelah dikelola menjadi lokasi wisata lokasi ini telah banyak menarik pengunjung untuk datang.
Bendungan Dam Raman atau Dam Way Raman adalah bendungan yang sebelum menjadi tempat wisata merupakan sumber irigasi atau pengairan utama untuk ladang dan persawahan di Kota Metro dan Kabupaten di sekitarnya.
Bendungan ini dibangun pada saat penjajahan zaman kolonial belanda saat Perang Dunia II berlangsung. Tak hanya panorama bendungan yang indah, disini juga ada berbagai wahana yang bisa dinikmati oleh pengunung yakni:
Arena Panahan
Perahu Karet
Fliying Fox
Hanmock
Spot Selfie


Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat          : di Distrik 28, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Provinsi Lampung.


2. TAMAN METRO INDONESIA INDAH (TMII)


Lokasi objek wisata ini terletak di Hadimulyo Barat, Metro Pusat, Kota Metro. Dekat dengan Lapangan 22 Kota Metro, dari Metro arah ke 29 atau ke Punggur.
Tempat wisata di Metro ini menawarkan beberapa fasilitas di dalam taman yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Berbagai fasilitas dan wahana yang ada di dalam lokasi wisata ini dijamin bisa menjadi penyegar otak para pengunjung yang datang ke lokasi.
Tempat wisata yang nyaman dan bersih ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berlibur bersama keluarga. Tempat ini menjadikan salah satu destinasi wisata menarik perhatian dan antusias warga Metro dan yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Adapun waktu mengunjungi tempat ini setiap hari dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. TMII akan dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17. 00 WIB setiap harinya. Berkaitan dengan kebersihan, Anda tidak perlu meragukannya karena tempat ini benar-benar bersih. Selain bersih, TMII juga memiliki arena permainan edukatif yang sangat bagus untuk anak-anak Anda. Lokasi tempat ini juga mudah sekali di akses. Anda hanya butuh waktu 20 menit dari pusat kota Metro. Bagi Anda yang ingin membawa kendaraan pribadi maupun bus besar, Anda tak perlu khawatir karena kawasan ini memliki lahan parkir yang sangat luas.


Tiket Masuk  : Rp. 25. 000
Alamat      : Jalan Patimura Kecamatan Metro Utara Kota Metro, Dekat dengan lapangan 22 Kota Metro, dari Metro arah ke 29 atau ke Punggur, Provinsi Lampung.


3. TAMAN PALEM INDAH


Taman Palem Indah adalah salah sau tempat pariwisata di Lampung. Taman Palem Indah ini dikelola secara provisional sehingga bagi para pengunjung yang ingin berlibur di Taman Palem Indah diharuskan untuk membayar. Meskipun membayar suasana di Taman Palem Indah tidak mengecewakan, sebab ada banyak wahana diasana, diantarnya wahan tersebut adalah kolam renang anak, waterboom, ember tumpah, kolam renang, kolam perahu bebek, arena outbond, pondokan, serta ruang meeting.
Taman Palem Indah sendiri sangat luas, bahkan luasnya sampai 2 Hektar. Karena luas tersebut maka taman ini menjadi tujuan berpariwisata masyarakat, adapaun untuk lokasinya Taman Palem Indah berada di Jalan Jendral Sudirman No.262, Kelurahan Ganjar Agung, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro.
Tempat wisata satu ini menawarkan spot rekreasi yang menyenangkan di tengah kota. Objek ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi liburan akhir pekan.
Namanya Selama ini wahana yang menjadi incaran pangunjung adalah waterboom dan juga kolam renang yang ada di Taman Palem Permai Metro.


Tiket Masuk : Gratis
Alamat        : Jalan Jendral Sudirman No.262, Kelurahan Ganjar Agung, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Provinsi Lampung.


4. JEMBATAN GANTUNG PELITA


Tempat wisata di Kota Metro Provinsi Lampung selanjutnya adalah Jembatan Gantung Pelita yang berada di Kecamatan Metro Selatan, dimana Kecamatan tersebut langsung berbatasan dengan Kabupaten Lampung Timur. Tempatnya di Kecamatan Metro Kibang. Konon menurut sejarah yang beredar di Masyarakat “Jembatan Gantung Pelita” dahulu menjadi satu-satunya jalur utama masyarakat yang ingin melewati Kecamatan Metro Selatan dan Kecamatan Metro Kibang. Seiring dengan perkembangan waktu Jembatan ini tidak lagi menjadi jalur utama, sebab pada saat ini masyarakat bisa melalui dengan jalan raya yang lebih lebar.
Meskipun begitu Jembatan Gantung Pelita masih ramai dilewati oleh masyarakat, bahkan sampai saat ini Jembatan Gantung Pelita menjadi salah satui objek wisata masyarakat yang ingin melihat  berfoto ria, atau ingin merasakan keindahan alam di Metro.
Jembatan Gantung Pelita sampai saat ini masih ramai dilewati oleh masyarakat. Namun karena bentuknya dan warna jempabatan yang ikonik membuatnya dijadikan sebagai sasaran para pecandu sefie.


Tiket Masuk     : Gratis
Alamat        : Kelurahan Metro Selatan, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Provinsi Lampung.


5. MASJID TAQWA


Lokasi ini adalah tempat ibadah yang megah di Metro, bahkan salah satu yang termegah di Lampung. Meskipun bukan merupakan tempat wisata di Metro, masjid ini patut untuk anda kunjungi.
Anda bisa mampir ke masjid yang ikonik untuk menyempatkan beribadah atau sembahyang di dalamnya untuk mendapatkan pengalaman yang selama di kota Metro.
Masjid Taqwa memang layak menjadi tempat wisata di Metro, sebab masjid ini dibagun begitu kokoh. Apalagi pada dua tahun belakangan ini, Masjid Taqwa melakukan renovasi bangunan secara menyeluruh, yang mana dengan renovasi tersebut semakin membuat kokoh terwujudnya masjid tawa sebagai masjid terbesar di Kota Metro.
Untuk para pengunjung yang bisa melihat masjid tawa bisa sekaligus menikmati Taman Merdeka Metro atau selekas berbelanja di Pasar Tradisional Kota Metro. Selain itu masyarakat juga bisa berkunjung di Perpusataan Metro yang tidak jauh dari Masjid Taqwa ini.


Tiket Masuk : Gratis
Alamat      : Jalan Alamsyah No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Provinsi Lampung.


 6. GOA WARAK DAN GOA MACAN PUTIH

Kota Metro juga memiliki tempat pariwisata alam beruapa goa, ada dua goa Kota Metro yakni Goa Warak dan Goa Macan Putih Atau Sireng. Masyarkat bisa kapan saja menikmati keindahan Goa ini dengan gratis tanpa dipungut biaya sekalipun. Adapun lokasi Goa Warak dan Goa Macan Putih Atau Sireng tidak ajuh dari Stadion Tejosari 24 Kota Metro. Dan sebenarnya pula dua gua ini berada di perbatasan, dimana untuk Goa Warak berada di Kota Metro sedangkan untuk Goa Macan Putih Atau Sireng berada di Kabupaten Lampung Timur.

Goa ini diperkirakan sudah ada sejak zaman dahulu kala. Ada sebuah kisah yang mungkin bisa dikaitkan mengenai goa tersebut.
Kisah ini berawal dari si Plenak dan Plenuk, mereka adalah saudara kembar yang lahir di sebuah desa yang sangat aman dan damai. Plenak merupakan lelaki tampan dan kuat, serta tegas jika berbicara. Ibarat kata si Plenak adalah singa yang merupakan raja hutan. Sedangkan si Plenuk merupakan lelaki kuat dan memiliki tubuh yang sangat proporsional, akan tetapi ketampanannya sangat jauh dari si Plenak. Jika diumpamakan si Plenuk adalah seekor badak yang kuat.
Pada suatu hari si Plenak sedang melakukan perburuannya di sebuah hutan yang masih sangat liar. Hutan tersebut memiliki pohon yang sangat tinggi dan besar. Selain itu di hutan tersebut masih banyak terdapat binatang liar yang suatu saat bisa memangsanya.
Hingga di suatu tempat, di tengah hutan tersebut, si Plenak bertemu dengan seorang kakek tua yang sangat renta sedang mencari kayu bakar. Kakek tersebut terlihat sangat kesusahan membawa tumpukan kayu yang dikumpulkannya. Dengan penuh rasa iba akhirnya si Plenak menawarkan dirinya untuk membawakan kayu tersebut. Namun sungguh sangat terkejutnya si Plenak, tiba-tiba kakek tersebut menolak bantuannya dengan sangat kasar.
“Pergi kamu!! Pasti kamu akan berbuat jahat kepadaku ya??!, kakek tersebut berkata dengan lantangnya.
Plenak pun menjawab, ‘Tidak Kek….saya ikhlas menolong kakek”.
“Tidak perlu, saya tidak perlu bantuanmu”, jawab kakek tersebut.
Dengan hati yang dongkol bercampur marah, si Plenak pun meninggalkan kakek tersebut.


Di lain tempat si Plenuk pun sedang bersantai ria di sebuah pinggir sungai sambil berdendang lagu-lagu cinta. Hari itu memang si Plenuk lagi tidak ada kerjaan yang mengharuskannya dia bekerja. Dengan penuh santai si Plenuk pun terus menikmati kebebasannya. Tiba-tiba ada seorang kakek tua menghampirinya, dengan seorang gadis hitam manis dengan rambut panjang terurai.
Si kakek bertanya, “Nak saya mau bertanya, dimana saya bisa menemukan tempat beristirahat yang nyaman ya??”.
Plenuk pun menjawab, “Cari aja sendiri kek, jangan ganggu, saya lagi tidak bisa diganggu.”
“Tolong lah Nak…, saya sudah berjalan jauh, dan saya merasa lelah sekali”, pinta sang kakek.
“Sudah pergi sana!!!”, hardik si Plenuk.
Dengan perasaan sedih akhirnya sang kakek meninggalkan si Plenuk.
Suatu saat si Plenak dan si Plenuk berjalan bersama menuju sumber air di desa mereka untuk melakukan aktifitas mandi sore. Di tengah perjalanan mereka berdua bertemu seorang gadis hitam manis brambut panjang terurai. Tiba-tiba mereka coba menggodanya.
Si Plenak pun bersiul seraya berkata, “Hai gadis…. mau ke mana sore-sore begini”.
Si Plenuk pun tidak mau kalah untuk menggoda, “Hai cantik, mau ditemani tidak jalan-jalannya.”
Entah apa penyebabnya tiba-tiba mereka saling berbantahan.
“Itu jatah saya”, kata si Plenak
“Tidak bisa itu punya saya”, kata si Plenuk
Dan akhirnya terjadilah pertengkaran antara mereka berdua. Hingga akhirnya membuat keduanya luka-luka. Si Plenak luka di bagian wajahnya hingga mengeluarkan banyak darah. Sedangkan si Plenuk mengalami patah tangan kirinya. Setelah itu mereka terhenti dengan sebuah langkah tua dari seorang kakek. Betapa terkejutnya mereka ternyata kakek tersebut adalah ayah dari si gadis yang telah membuat mereka berkelahi.
Dengan santainya si kakek pun berkata kepada mereka berdua,”Apa yang kalian perebutkan dari anak saya??!”.
“Jangan coba-coba mengganggunya”, hentak kakek tua tersebut.
“Itulah akibatnya jika kalian berdua mengganggunya”, jelas kakek tersebut.
“Sebagai hukumannya kalian akan saya kurung di dalam goa tua ini, sampai ada seorang gadis yang baik dan mulia hatinya yang akan menolong kalian suatu saat nanti”, terang kakek tua tersebut.
Dengan sangat kasarnya kakek tua tersebut menarik si Plenak dan si Plenuk masuk ke dalam goa. Si Plenak dimasukkan ke dalam goa yang sebelah kanan, sedangkan si Plenuk dimasukkan ke dalam goa sebelah kiri.
Hingga sampai sekarang di daerah Kota Metro tersebut terdapat dua goa di ujung sebelah timur kota. Goa tersebut lebih terkenal dengan goa warak yang mana itu merupakan perlambang dari seekor badak yang kuat dan memiliki badan yang kekar. Dan yang satu lagi adalah goa singa yang merupakan tempat di mana si Plenak diberi hukuman kurungaan karena perbuatan usilnya telah menggangu anak si kakek tua.
Sebagai pelangkap, tidak jauh dari Goa Warak dan Goa Macan Putih Atau Sireng pengujung juga bisa menikmati air terjun mini. Oh iya, sebagai pengetahuan saja bahwa Goa Warak dan Goa Macan Putih Atau Sireng bukanlah goa berbentuk besar, karena ukuran dua goa ini sangat kecil, tapi cukup inidah kok bagi mera yang hobi berfoto ria.
Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat          : Metro Timur, Kota MeTro, Provinsi Lampung.


 7. TAMAN MERDEKA

Taman merdeka, Merupakan salah satu tempat wisata dan rekreasi juga tempat nongkrong di Kota Metro Lampung yang terletak di bagian tengah-tengah kota metro. yaitu berbentuk sebuah taman yang terletak di jantung Kota Metro Provinsi  Lampung. yang sangat strategis dan membuat ramai pengunjung dijadikan tempat nongkrong para anak-anak muda, maupun para orang tua yang ingin berekreasi, menjadi hiburan bagi warga Kota Metro maupun di sekitanya, bahkan Taman Merdeka Kota Metro digunkan sebagai Tempat Berolahraga pada saat CAR FREE DAY, yang biasanya pada hari libur sekolah atau hari minggu diantaranya, ada yang senam, main futsal, sepatu roda, sepedahan, jogging dan masi banyak yang lainnya.
Taman Merdeka terletak bersebelaan dengan Masjid Agung Kota Metro dan Perumahan Walikota dan leteknya tidak jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah Kota Metro, yang mana letanya pas di tenga-tengah kota metro dan mudah dijangkau oleh masyarakat kota metro.


Tiket Masuk          : Gratis
Alamat          : Jl. AH Nasution, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Provinsi Lampung 34111.


Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!


Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan