BREAKING NEWS

Sunday, September 2, 2018

7 destinasi wisata menarik di Tulang Bawang, Provinsi Lampung, Indonesia




1. KOTA TUA MANGGALA

Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, Kota Menggala merupakan ibu kota dari kabupaten tulang bawang. Banyak bangunan peninggalan sejarah yang terdapat di kota tua ini. Hal ini lah sangat di wajib kan bagi kamu yang berkunjung ke tulang bawang maka kurang lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke kota tua Menggala. Tidak hanya sekedar berkunjung, kamu juga dapat berkeliling di sekitar kota ini untuk melihat - lihat berbagai peninggalan sejarah. Tempat yang paling di rekomendasikan untuk kamu kunjungi di kota ini ialah Pasar Lama dan Dermaga Sungai Tulang Bawang yang cukup terkenal.


Tiket Masuk         : Gratis

Alamat           : Ujung Ubik, Kecamatan Manggala, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.


2. RAWA PITU


Tempat wisata yang wajib kamu singgahi di tulang bawang ialah tempat wisata rawa pitu. Rawa pitu sangat sering sekali di singgahi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Hal unik dari tempat wisata rawa pitu ini ialah setiap tahunnya atau musim - musim tertentu terdapat berbagai spesies burung yang dapat kamu jumpai. Kamu akan dapat mengenal berbagai banyak spesies burung yang ada di dunia ini. Bukan hanya burung dari indonesia , kamu juga akan menjumpai burung yang sangat jarang sekali kamu jumpai. Seperti sudah kami sampaikan tadi, itu pun hanya musim - musim tertentu saja berbagai spesies burung berada di rawa pitu. Banyak orang yang menyebutkan musim ini ialah musimnya para burung migrasi antar benua.


Tiket Masuk          : Rp. 5.000
Alamat            : Desa sumber Agung, Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.



3. CAKAT RAYA (MINIATUR PRAMBANAN)


Pemerintah kabupaten Tulang bawang sebetulnya memiliki aset yang besar untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata populer dalam diri Wisata Cakat Raya. Tempat ini sangat representatif dan edukatif untuk dijadikan tempat rekreasi. Di dalam kawasan Cakat Raya terdapat miniatur candi Prambanan, rumah adat berbagai daerah di Indonesia dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan bahwa Wisata Cakat Raya adalah Taman Mininya Lampung. Tak heran jika tempat ini menjadi tujuan ngetrip favorit anak muda. Mereka bisa foto-foto dengan background bangunan yang kece. Hanya ada satu kekurangan kecil dari tempat wisata ini yaitu kurangnya perhatian dari pemerintah setempat mengenai perawatannya. Sehingga beberapa bangunan mulai terlihat kumuh dan banyak corat-coret di sana-sini.


Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat     : Jl. Cakat Raya, Kecamatan Manggala, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.


4. MONUMEN PATUNG TUGU RATO

Bagi kamu yang lagi mencari tempat nongkrong paling populer di tulang bawang barat. Maka jawabannya adalah monumen patung tugu rato, tempat ini lagi sangat hits bagi seorang anak muda di daerah tulang bawang barat. Monumen patung tugu rato ini berada wilayah administratif Kampung Rawa Kebo, Panaragan Jaya, kabupaten Tulang Bawang Barat. Tak butuh waktu lama untuk menjadikan bangunan ini sebagai landmark baru kebanggaan warga. Meskipun cepat, pembangunan monumen patung tugu rato ini juga tidak asal bangun. Hasil dari pembuatan monumen patung tugu rato ini terlihat sangat menarik dan unik. Bagi kamu yang ingin mengambil foto maka tempat Monumen Patung Tugu Rato ini sangat cocok bagi kamu. Baik itu foto sendiri atau pun bersama.



Tiket Masuk    :Gratis
Alamat       : Panaragan Jaya, Tulang Bawang Tengah, Panaragan Jaya, Tulang Bawang Barat, Lampung 34693.


5. ISLAMIC CENTRE TULANG BAWANG

Seperti namanya masjid islamic center ini terletak di kabupaten tulang bawang barat provinsi lampung. Mesjid megah ini memiliki testur yang sangat unik, seperti layaknya mesjid di negara timur tengah. Jika berwisata maka mengunjungi masjid merupakan hal yang pasti tidak kita lewat kan bagi seorang muslim. Masjid agung baitus shobur dan sesat agung bumi gayo merupakan salah satu masjid yang sangat populer di kabupaten tulang bawang barat provinsi lampung. kompleks yang dinamai Komplek Dunia Akhirat ini diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Drs. Hi. Lukman Hakim Saifudin  pada tanggal 11 Oktober 2016. Acara peresmian diisi dengan prosesi adat, pawai budaya, pentas teater, pembacaan karya sastra, loka karya penulisan sastra, pameran foto dan lukisan serta peresmian nama Balai Adat dan Masjid Agung Islamic Center.


Kegiatan Selamatan budaya dihadiri juga oleh seniman dan sastrawan nasional  seperti Hanafi (pelukis) Afrizal Malna (sastrawan) serta Master Sastra Lampung Isbedy Stiawan. tampil pula meramaikan acara karya-karya seni dari para pelajar dan seniman Tubaba yang benuansa keraifan lokal Tulang Bawang Barat.

Tiket Masuk : Gratis
Alamat      : Jl. Raya Panaragan Jaya - Pulung Kencana, Panaragan Jaya, Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung 34693.


6. KUALA TELADAS

Ada banyak warga Tulang Bawang yang menggantungkan hidupnya dari hasil perikanan. Sebagian besar dari masyarakat kabupaten ini memang memiliki karamba yang digunakan untuk budidaya berbagai jenis kan dan udang. Salah satu yang cukup terkenal adalah kawasan Kuala Teladas. Kuala Teladas merupakan sebuah kawasan yang dipenuhi dengan perkampungan masyarakat air. Di karamba-karamba warga traveler bisa menyaksikan budidaya ikan baung, patin, mas serta ikan-ikan lainnya yang memiliki nilai konsumsi dan ekonomi yang tinggi. Kalau mau traveler bisa tuh membeli hasil perikanan dan mencicipi aneka olahan ikan di tempat ini.


Tiket Masuk      : Gratis (kalau mau menyewa kapal tergantung kesepakatan)
Alamat          : Desa Kuala Teladas, Kecamatan Dante Kuala Teladas, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.


7. TAMAN AGROWISATA

Satu tempat lagi yang layak untuk kamu kunjungi di kabupaten tulang bawang barat. Yakni tempat wisata Taman Agrowisata , tempat wisata ini terletak di Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tempat wisata ini di kembangkan untuk tujuan agro sekaligus untuk pusat penelitian budidaya tanaman buah unggul. Kamu dapat melihat berbagai jenis buah yang ada di area taman ini. Para wisatawan yang berkunjung kesini juga sangat umum, semua golongan dapat berkunjung ke sini. Mulai yang pribadi sampai antar sekolah, kampus, dan sebagainya. Disini kamu dapat belajar bagaimana caranya budidaya tanaman yang benar dan baik.


Tiket Masuk : Rp. 3.000.
Alamat         : Desa Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Provinsi Lampung.



Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!


Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan