BREAKING NEWS

Monday, September 3, 2018

7 wisata menarik di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia




1. PANTAI AMAL

Pantai Amal adalah sebuah pantai di Tempat Wisata Kalimantan Utara yang identik dengan berjejernya pohon kelapa sebagai pelengkap keindahannya sebagai mana umumnya pantai-pantai di indonesia. Pantai Amal dilengkapi dengan jejeran pohon kelapa, terlihat indah manakala pohon-pohon kelapa tersebut tertiup angin, terkesan melambai-lambai.

Pantai Amal berada di Desa Pantai Amal, ber-Kecamatan di Tarakan Timur. Pantai Amal merupakan pantai yang terbagi dua, Pantai Amal Lama Juga Pantai Amal Baru, keduanya sangat mempesona juga sangat menakjubkan. Birunya air laut membilas pasir di bibir pantai, menambah kesan indah yang tak terbantah. Kondisi tersebut membuat kita betah untuk bisa bertahan lama menikmatin keindahan pantai ini.


Tempat wisata di Kalimantan Utara yang satu ini memiliki keindahan air laut yang biru dengan hamparan pohon kelapa di pantainya. Cukup indah untuk dinikmati di sore hari bersama teman-teman dan keluarga.
Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat      : Desa Tarakan Timur, Kecamatan Tarakan Timur, Kabupaten Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.


2. PENANGKARAN BUAYA JUWATA

tempat wisata yang satu ini memang sudah banyak dikenal orang dan penduduk setempat. Salah satu tempat wisata unggulan di Tarakan ini memiliki koleksi beberapa jenis buaya yang berasal dari beberapa daerah di Kalimantan. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dan didirikan sejak tahun 1991. Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, anda dapat mencarinya di desa Karang Harapan, Tarakan Barat. Ada 3 jenis buaya yang ditangkarkan di sini yaitu buaya supit, buaya air tawar dan juga buaya muara. Penangkaran Buaya Juwata, kawasan ini letaknya berada di Desa Karang Harapan. Penangkaran Buaya Juwata merupakan rumah tempat tinggal buaya yang hadir dari beberapa wilayah di Kalimantan. Kawasan ini merupakan wisata unggulan di Tarakan. Luas wilayah Penangkaran Buaya Juwata ± 5 hektar. 


Kunjungi saja Desa Karang Harapan Kota Tarakan Barat jika saja penasaran dengan keberadaannya. Kawasan Penagkaran Buaya Juwata setidaknya mengoleksi 3 jenis buaya, yakni: buaya supit, buaya muara, serta buaya air tawar.

Tiket Masuk: Rp. 5.000
Alamat         : Desa Karang Harapan, Kota Tarakan Barat, Provinsi Kalimantan Utara.

    

3. MUSEUM RUMAH BUNDAR

Tempat wisata dengan nama yang cukup unik ini berada di kota Tarakan. Salah satu kota yang ada di provinsi Kalimantan Utara. Ternyata Rumah Bundar tak lain dan tak bukan merupakan sebuah museum. Disini Anda akan banyak menemukan barang-barang peninggalan dari masa penjajahan Jepang dan Belanda di Kalimantan Utara. Seperti namanya, Museum Rumah Bundar disebut demikian karena bentuk bangunannya yang memiliki atap bundar atau berbentuk lingkaran. Dengan mengunjungi Rumah Bundar, Anda bisa berlibur sekaligus belajar sejarah pula. memiliki keunikan yang tidak biasa dilihat, karena Museum Rumah Bundar datang dari bentuk atapnya yang membentuk setengah lingkaran. Museum Rumah Bundar banyak menyimpan benda-benda warisan bersejarah pada zaman kolonialis Belanda dan Jepang tempo dulu. Tempat Wisata Kalimantan Utara Museum Rumah Bundar letaknya berada di Jalan Danau Jempang. 


Berkunjung ke Provinsi Kalimantan Utara dan mampir di Museum Rumah Bundar merupakan sebuah kegiatan wisata budaya juga wisata sejarah yang sangat berharga. Menelusuri warisan-warisan tempat, juga benda-benda peninggalan bersejarah memberikan tambahan wawasan yang sangat berharga dan tidak ternilai.

Tiket Masuk : Rp. 3.000                     
Alamat          : Pamusian, Tarakan, Tarakan City, North Kalimantan.


4. GUNUNG PUTIH

Gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih. Memiliki keindahan alami dengan relief-relief bak pahatan seorang seniman. Gunung Putih memiliki panorama yang indah. Kita dapat menikmati pemandangannya yang menakjubkan dengan memanjat relief-relief itu sampai ke puncak. Namun jika tidak suka dengan panjat tebing, kita bisa naik dengan anak tangga yang tersedia. Pemandangan alam di puncak Gunung Putih sangat eksotis. Di gunung ini terdapat goa burung. Konon katanya masyarakat sekitar meyakini bahwa goa ini merupakan tempat tafakur/menenangkan diri Sultan Bulungan. Di Gunung Putih disajikan kesenian daerah di rumah panggung yang ada di lokasi. Tempat wisata Gunung putih sangat Cocok sekali untuk wisatawan yang suka memanjat tebing namun kalau anda masih ragu bisa menggunakan tangga yang sudah disiapkan. Pamandangan di Gunung Putih ini sangat eksotis, dimana banyak sekali ditemukan bak ukiran relief-relief yang dibuat oleh seorang seniman berkelas.


Nah kalau anda ingin pergi ke tempat wisata di Kalimantan Utara paling menantang dan indah ini jangan lupa untuk membawa tenda. Karena di malam hari dari atas gunung putih sangat romantis untuk bersantai bersama dengan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.
Tiket Masuk : Gratis             
Alamat     : Desa Gunung Putih, Kec. Tanjung Talas, Kab. Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.


5. LONG BAWAN

Inilah salah satu daerah perbatasan di utara Kalimantan. Long Bawan adalah desa sekaligus ibukota dari Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Lokasinya berada di belantara Kalimantan, tepatnya di dataran tinggi tempat suku Dayak Krayan bermukim. Meski terletak di dataran tinggi, tetapi kontur tanah cukup datar, cocok untuk bertani dan berternak.
Daerah Long Bawan tergolong daerah terisolir, pasalnya akses menuju kawasan ini hanya dapat ditempuh dengan jalur udara dengan maskapai terbatas. Tak ada jalur darat yang menghubungkan ibukota kecamatan dengan ibukota Kabupaten Nunukan, apalagi kota lainnya. Mirisnya lagi, masyarakat Long Bawan lebih dekat dengan Malaysia dan sebagian besar barang-barang kebutuhan sehari-hari termasuk Bahan Bakar Minyak, dipasok dari Negeri Jiran tersebut. Sulit menemukan produk made in Indonesia di wilayah ini.
Meski demikian, perekonomian wilayah ini dapat ditunjang oleh sektor pertanian yang berkualitas, seperti padi, tanaman hortikultura, garam dan kerbau. Luas lahan pertanian pangan di wilayah ini berkisar 2.500 hektare ditanami Padi Adan yang terkenal di Kalimantan Timur dan konon merupakan beras makanan utama Sultan Hasanal Bolkiah dari Brunei Darussalam. Menariknya, warga menanam padi tanpa pupuk kimia, hanya menggunakan pupuk kandang dari kotoran kerbau.


Potensi lain yang juga fenomenal di Long Bawan adalah berternak kerbau yang juga disukai masyarakat Brunei Darussalam. Ternak kerbau juga menjadi symbol kebanggaan masyarakat Krayan. Siapa saja yang memiliki banyak kerbau akan menunjukkan status sosial seseorang tinggi. Selain itu, ada juga nenas dan tanaman hortikultura yang tumbuh subur di Long Bawan. Harga nenas di Long Bawan sekitar Rp3.000 hingga Rp4.000 per buah. Sementara sampai di Nunukan bisa mencapai Rp20.000 per buah karena ongkos angkut barang sekitar Rp15.000 per kilogram.
Tiket Masuk     : Gratis
Alamat      : ibukota dari Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.


6. HUTAN LINDUNG SUNGAI SESAYAP

Wisata alam disini dapat dinikmati dengan melayari sungai Sesayap menggunakan perahu. Keindahan pemandangan dan pepohonan yang tumbuh subur dapat dinikmati disepanjang sungai. Hutan lindung ini merupakan tempat berlindung dan berteduhnya berbagai hewan dilindungi seperti kera, burung dan hewan lainnya. Hewan-hewan ini berlindung pada Pohon Perengat. Pohon Perengat memiliki buah yang dimanfaatkan untuk asam. Pemandangan lain yang sangat menarik adalah ketika para nelayan yang sedang menangkap ikan dan menjala udang di sepanjang Sungai Sesayap. Sungai Sesayap terkenal sebagai daerah penghasil udang. Beberapa jenis hewan berlindung pada Pohon Perengat. Pohon Perengat adalah pohon yang memiliki buah yang bisa dimanfaatkan untuk asam. Pemandangan Alam lain yang sangat menarik dan menakjubkan adalah ketika para nelayan disana sedang menangkap berbagai macam ikan dan menjala udang di sepanjang Sungai Sesayap.


Sekedar informasi untuk anda ketahui bahwa Sungai Sesayap terkenal sebagai salah satu daerah penghasil udang. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa membeli udang dari para nelayan di sana. Anda juga bisa berbincang ringan dengan pemilik perahu tentang sejarah dan hal yang berhubungan dengan Hutan Lindung Sungai Sesayap.

Tiket Masuk    : Gratis
Alamat       : Sepanjang aliran sungai yang melintasi Kabupaten Tanah Tidung, Provinsi Kalimantan Utara.

7. BATU LAMAMPU

Objek wisata yang satu ini merupakan objek wisata kebanggaan dari Kabupaten Nunukan. Memiliki panorama yang sangat alami dan masih sangat asri. Objek wisata Batu Lamapu terletak di daerah Pulau Sebatik. Di pulau ini terdapat hamparan pantai yang luas, dan bila air laut telah pasang disini disebut lamapu. Itulah sejarah penamaan batu lamapu, yakni batu yang timbul ketika air tengah pasang.

Tiket Masuk : Gratis
Alamat       : Desa Sebatik, Kecamatan Sebatik, Kota Sebatik, Provinsi Kalimantan Utara.


Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!

Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan