BREAKING NEWS

Saturday, September 8, 2018

7 destinasi wisata menarik di Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia




1. PULAU DERAWAN


Pulau yang masuk ke dalam kawasan Kepulauan Derawan ini merupakan salah satu wisata terbaik dan terpopuler di Berau. Keindahan pantainya yang mempesona belum lagi pemandangan bawah lautnya yang benar-benar cantik membuat pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Berau.
Jika sudah sampai Derawan, siapkan alat snorkeling maupun diving kamu ya karena sayang sekali sudah jauh-jauh ke Berau tapi tidak merasakan iindahnya bawah laut Pulau Derawan yang sudah tersohor kemana mana. Bahkan jika beruntung kamu bisa menyelam bersama penyu berukuran besar maupun hiu tutul lho!.


Tiket Masuk  : Rp. 5.000
Alamat       : Pulau Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.


2. PULAU MARATUA

balik ketenaran nama Kepulawan Derawan di Kalimantan Timur, masih ada Pulau Maratua yang tak kalah indah menyajikan hamparan laut birunya. Bahkan, pulau yang satu ini masih jarang dikunjungi, cocok bagi yang ingin berbulan madu atau sekadar menikmati keindahan laut tanpa ingar-bingar. Secara letak, Maratua memang dekat dengan Derawan, cukup satu jam bila menggunakan speed boat. Sedangkan bagi anda dari Jakarta yang ingin datang ke sini bisa melalui Tarakan atau via pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau. Memang sedikit sulit, karena letak Maratua berada di pulau terluar Indonesia dan berada di perairan Sulawesi yang berdekatan dengan perbatasan Malaysia. Tapi setelah sandar di sana, niscaya anda akan terpukau dengan sajian indahnya hamparan laut biru yang membuat adrenalin langsung ingin menyelam. Maratua bak "surga" bagi para penyelam yang mengagumi dunia lain di bawah laut. Asyiknya, spot yang ditawarkan cukup banyak, meski harga yang ditawarkan cukup mahal tentu hal ini bukan masalah berarti bagi pecinta diving berkantung tebal. Senja di Maratua terasa indah. Suasana hening dan deburan ombak yang mulai meyapu seiring air laut yang pasang menawarkan sensasi yang berbeda, sayangnya akibat kabut asap yang sedang melanda turunnya sang surya di waktu sunset menjadi hilang. Ikan-ikan laut dari beberapa jenis langsung bisa terlihat bermain di bawah dermaga. Mulai dari lion fish sampai pari putih. Uniknya penyu pun suka menampakkan diri di waktu pagi atau menjelang sore hari bermain di permukaan air dangkal.


Salah satu penginapan terlengkap adalah Maratua Paradise Resort. Selain punya dermaga sendiri, posisinya juga langsung berhadapan dengan laut lepas, bahkan beberapa kamar sengaja didirikan tepat di bawah bibir laut. Bila menginap di sini pengunjung bisa langsung berenang atau snorkeling tepat di depan restoran. Dari sini saja anda sudah bisa bertemu ragam pemandangan menarik, belum lagi bila yang berniat diving atau berkunjung ke tempat-tempat menarik lainnya.

Tiket Masuk  : Gratis
Alamat      : Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur.


3. PULAU KAKABAN

Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia, selain Danau Kakaban ada satu lagi danau dengan air payau yaitu di Kepulauan Palau, Mikronesia. Di danau Kakaban dapat di temukan jenis ubur - ubur yang tidak menyengat, diperkirakan ribuan tahun yang lalu ubur - ubur tersebut terperangkap dan berevolusi untuk dapat berfotosintesis di mana hampir tidak ada hewan lain mampu melakukannya, ada empat jenis ubur ubur di danau Kakaban antara lain golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. Disamping danau Kakaban juga terdapat Kehe Daeng yang artinya Lobang Ikan, disaat air laut surut goa sempit yang semula terendam akan muncul di permukaan sehingga terumbu yang berwarna warni serta serta bintang laut dapat dengan mudah disentuh.


Pulau cantik ini juga masih termasuk dalam kawasan Kepulauan Derawan yang juga sangat populer. Di pulau ini kamu bisa menemukan banyak pantai cantik berpasir putih dengan air laut yang jernih dan berwarna kebiruan. belum lagi keindahan bawah laut Pulau Kakaban yang juga tak kalah dari pulau-pulau lainnya di Kepulauan Derawan.
Di pulau ini kamu bisa merasakan sensasi berenang bersama ubur ubur yang tidak menyengat! Tepatnya di Danau Kakaban yang merupakan danau air payau yang dihuni oleh ubur ubur dan ikan endemik yang tidak ditemukan di daerah lain. Kapan lagi coba bisa berenang dengan ubur-ubur tanpa takut tersengat?

Tiket Masuk : Rp.10.000
Alamat          : Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.


4. PULAU SANGALAKI

Pulau Sangalaki adalah sebuah pulau nan indah seluas 15,9 ha di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan berkilau dengan lebar sekitar 12-15 meter serta perairan sekitarnya terdapat Taman Laut yang dikenal sebagai Wisata Selam (diving) dengan biota laut yang sangat beragam dan keberadaan Ikan Pari Manta akan menjadikan liburan Anda takkan terlupakan sepanjang hidup. Pasir pantai di sekitar pulau ini berwarna putih bersih, dan pasirnya terasa halus di kaki. Garis pantai Pulau Sangalaki juga begitu landai, sangat nyaman untuk bermain air ataupun berenang.
Bila mengelilingi Pulau Sangalaki hanya butuh waktu 30 menit, Anda dapat menyaksikan berbagai satwa liar diantaranya ketam kelapa, biawak, elang bondol, burung gosong Filipina, kuntul karang and burung laut lainnya. Saat penyu naik ke daratan untuk bertelur pun menjadi pemandangan yg ditunggu para wisatawan. Pulau Sangalaki jg merupakan tempat bertelur utama bagi penyu hijau di kawasan Asia Tenggara. Pada malam hari bisa ditemui puluhan penyu yg datang kesini. Setiap tahunnya total ada lebih dari 3.700 penyu yg mampir ke pulau ini. Di perairan Pulau Sangalaki ini biasanya Anda juga bisa bertemu dengan gerombolan ikan Pari Manta yang sedang meliuk-liuk indah di dalam laut. Pari manta yang berbentuk seperti layang-layang ini bisa mencapai lebar 7 m. Saat malam tiba ditemani rembulan malam yang sangat indah, Anda dapat menyaksikan sekumpulan Ikan Pari Manta yang menuju pulau ini. Hewan air yang semakin langka ini suka berkeliaran disekitar Pulau Sangalaki karena disini banyak tersedia makanan mereka yang berupa Plankton.

Selain itu keberadaan panorama bawah laut pulau ini banyak mengundang para penyelam dari seluruh dunia. Mereka akan merasakan surga dunia bawah laut Pulau Sangalaki dengan beberapa titik spot yang sangat menakjubkan seperti Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue,Eel Ridge,Lighthouse dan The Rockies. Buat Anda yang ingin mengeksplorasi seluruh eksotisme alam di Pulau Sangalaki tentu saja snorkeling dan diving adalah hal yang wajib dilakukan.

Di Pulau ini juga tersedia Resort Sangalaki Dive Lodge yang mempersiapkan sarana penginapan dan perlengakapan penyelaman. Pulau satu ini jg memiliki keindahan saat senja mulai menjemput. Anda bisa menikmati keindahan sunset di Sangalaki. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Sepingan (BPN) di Balikpapan. Dari Sepingan, Anda bisa menggunakan Pesawat Deraya ke Ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Atau anda bisa menumpang speed boat dari pulau lainnya yang ada di Kepulauan Derawan.


Bisa juga langsung berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pelabuhan ini berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Sementara speed boat yang ada di Pelabuhan Tanjung Batu bisa disewa dengan biaya Rp 400.000 untuk menuju ke Pulau Sangalaki. Tidak seperti Pulau Derawan yang setiap jumat disinggahi oleh Kapal Cepat, Pulau Sangalaki tidak mempunyai fasilitas ini. Jadi satu-satunya cara adalah menggunakan speed boat sewaan.

Tiket Masuk : Gratis
Alamat       : Pulau Sangalaki mempunyai luas 15,9 hektare, terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.


5. DANAU LABUAN CERMIN

Danau Labuan Cermin merupakan sebuah danau yang terletak di kecamatan Biduk biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Banyak orang yang salah paham tentang keberadaan danau ini. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa danau ini berada di Balikpapan. Danau ini terkenal karena kejernihan air nya yang sangat bening. Bahkan ketika terdapat objek diatas danau tersebut nampak seperti diatas kaca, dan ranting ranting yang terdapat di dasar danau dapat terlihat sangat jelas sekali.
Banyak orang yang mengira bahwa foto yang di ambil dengan background Danau Labuan Cermin adalah hasil editan. Padahal foto foto yang selama ini beredar adalah foto asli yang memang menggambarkan keindahan Danau Labuan Cermin yang sangat menakjubkan. Dengan air yang begitu jernih, wisatawan dapat melihat penyu dan satwa air danau lain nya yang muncul ke permukaan. Satwa satwa tersebut dapat terlihat dengan sangat jelas. Air yang ada di Danau Labuan Cermin sangat unik, dimana air yang terdapat di dalam danau memiliki rasa tawar dan asin. Di bagian atas permukaan air danau terasa tawar, namun ketika menyelam di dasar danau, air nya mulai terasa asin. Hal inilah yang melatarbelakangi julukan danau ini sebagai Danau Dua Rasa. Di sepanjang perjalanan menuju Danau, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan pohon sawit dan pantai dengan pasir putih nya yang indah.


Sembari melakukan perjalanan menuju lokasi, wisatawan yang hobi dengan fotografi dapat memanfaatkan panorama tersebut sebagai background yang seolah tak pernah ada habis nya.

Tiket Masuk   : Gratis (jika ingin menyewa perahu sekitar Rp. 50.000 s/d 150.000)
Alamat       : Desa Biduk kecamatan Biduk biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

6. GOA MULUT BESAR

Tak hanya memiliki pulau dan pantai cantik, Berau juga punya wisata lain yang tak kalah menawannya, yaitu Goa Mulut Besar yang berada di Kampung Merasa, Kecamatan Kelay. Goa yang juga sering disebut goa kelelawar ini memiliki diameter mulut goa yang sangat besar, yaitu tinggi 10 meter dan lebar 20 meter.


Bagian dalam goa ini juga sama besarnya dengan mulut goa, sehingga pengunjung bisa dengan bebas mengeskplor bagian dalam gua yang dipenuhi kelelawar ini. Selain itu, di dalam goa kamu juga bisa melihat berbagai jenis batuan alam cantik nan eksotis yang terbentuk sejak ribuan tahun lalu. Lokasi Kampung Merasa hanya berjarak 1,5 jam dari Tanjung Redeb sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan keberadaan goa eksotis ini.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat : Desa Biatan Kecamatan Biatan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.


7. AIR TERJUN JENUM

Air terjun yang berada di tengah hutan ini masih tergolong air terjun perawan dengan suasana yang begitu menenangkan.  Mencari air terjun Jenum ini merupakan petualangan yang tak akan terlupakan. Air terjun yang membelah tebing sejauh 30 meter, di Berau, Kalimantan Timur. Gemuruh air dan sejuknya udara sesaat membawa kita berada di harmonisasi alam. Menyusuri sungai Kelay dengan pemandangan khas hutan tropis Kalimantan, Indonesia. Air terjun Jenum adalah satu di antara banyak surga wisata di Bumi Berau. Jaraknya hanya tiga jam perjalanan menggunakan mobil, perahu ketinting, plus jalan kaki dari Tanjung Redeb, ibu kota Berau.
Jarak dari Tanjung Redeb hingga ke pintu gerbang Kampung Merasa sekitar 72 kilometer. Kondisi jalan relatif baik. Selain berlapis aspal, sebagian juga sudah dilapisi dengan beton. Jalur yang dilalui adalah Teluk Bayur, Labanan, hingga menyusuri jalan poros Berau–Samarinda. Tak sulit untuk menemukan posisi Kampung Merasa. Di kiri jalan dari arah Labanan, akan terlihat gerbang Kampung Merasa dari kayu yang sudah mendapat sentuhan ukiran khas Dayak ini. Akan tetapi, dari gapura kampung menuju ke Kampung Merasa, kondisi jalannya masih tanah. Akses menuju kampung sepanjang 12 kilometer itu becek saat hujan.  Begitu tiba di bibir sungai, sebuah jembatan gantung menyambut setiap pengunjung yang datang. 


Kampung yang dihuni sekitar 1.200 jiwa ini memang terletak di seberang Sungai Kelay. Beruntung kini sudah ada jembatan gantung. Sebelumnya, akses satu-satunya menuju kampung harus menggunakan perahu ketinting. Disini kamu bisa mandi di bawah air terjun atau sekedar berburu foto keren untuk dipajang di Instagram.

Tiket Masuk   : Gratis   
Alamat     : Kampung Merasa Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.


Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Mistertraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!


Post a Comment

silahkan berkomentar bijak dan sesuai dengan topik pembahasan